Pengertian dari Musik Etnis Kontemporer


Musik Etnik kontemporer merupakan, musik tradisi daerah yang mengalami perkembangan seiring berjalannya  dari musik tradisi kemudian mengalami perubahan sesuai dengan kemajuan atau perkembangan jaman. Oleh karena itu musik kontemporer adalah musik yang sesuai dengan perkembangan jaman, Dan musik telah banyak yang menggunakan alat-alat elektronik yang sesuai dengan apa yang dialami oleh jaman sekarang ini.
Inilah Keluarga Besar cangkruan Plat-M yang di nobatkan sebagai Pelatih yang sukses mengharumkan nama jawa timur di ajang MTQ nasional Sekaligus mendapat juara Umum pada tahun 2010 bulan april di Kota Bengkulu
Di jawa timur tepatnya Madura kabupaten sumenep, Musik Etnik Kontemporer sangat di minati oleh para seniman lokal seperti yang di ungkapkan oleh seniman lokal Ayos Arif"kita harus menghidupkan kembali musik tradisi yang semakin hari semakin menurun peminatnya, dengan cara apa supaya musik tradisi banyak di minati oleh masyarakat... ? tentunya kita harus menggandeng beberapa alat musik termasuk trompetdan Seksofon". Musik kontemporer bisa berasal dari segala tempat dan mempengaruhi gaya musik lain. Contohnya adalah gamelan dari Indonesia, instrument tradisional dari Cina, dan juga ragas dari musik klasik India. Jenis musik seperti rock, jazz, dan juga pop sangatlah berkembang pesat. Hal ini mencatatkan banyak pencipta musik yang berkualitas.Pada era musik kontemporer, banyak sekali festival musik yang diselen-ggarakan untuk menghargai musik.Perkembangan Musik Etnis Kontemporer sangatlah pesat dan masih tidak ada tanda-tanda akan berakhir. 

Dengan adanya pernyataan di atas penulis dapat menggambarkan, jika Musik Etnik Kontemporer merupakan musik yang sesuai dengan perkembangan jaman, maka tak menutup kemungkinan bahwa musik yang sekarang berkembang di tengah masyarakat khususnya para pemuda yang sekarang menyukai musik pop, rock, jazz dapat dikatakan musik kontemporer. Karena musik ini saat ini sedang berkembang bahkan mendapat tempat di kalangan masyarakat khususnya kawula muda

Kemudian selain musik ini ada juga yang disebut musik etnik kontemporer yaitu musik campursari yang pe-rangkat instrumenya perpaduan antara musik etnik dan musik barat yang sekarang banyak berkembang, bahkan musik ini sering digunakan sebagai media hiburan di dalam upacara tertentu dalam masyarakat, Contoh Musik Etnik Konetmporer yang sekarang Di geluti Oleh seniman Lokal asal Sumenep Madura Ayos Arifadalah Plat-M. PLAT M adalah Kelompok yang berfungsi sebagai pengembangan kesenian tradisi di Madura khususnya Wilayah Timur.  

Kesenian campur sari adalah suatu kesenian di bidang musik yang merupakan perpaduan antara dua tangga nada Diatonis dan Pentatonis. Musik campur sari pada masa awalnya (tahun 1993) banyak menjadi perdebatan para seniman dan pekerja seni. Hal itu tekait dengan pakemnya yang berseberangan antara karawitan tradisional dan modern. 
Sampai disini dulu sahabat blogger semuga artikel yang saya tulis ini bermanfaat magi kita semua amien.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 11:30 PM Kategori:

1 komentar: